Halaman

❤Detik Detik Indah Dalam Hidupku❤

Sabtu, 3 Oktober 2009

Wisata Virtual Panorama Mekah dan Madinah


Kota Mekah dan Madinah merupakan dua kota suci umat islam. Di sanalah terletak Ka’bah dan Masjid Nabawi yang menjadi dambaan kaum muslimin untuk dikunjungi.

Selain keberadaan dua masjid besar tersebut, masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah di kota Mekah dan Madinah dan wilayah sekitarnya. Ada bukit Nur dengan gua Hira’-nya dan juga padang ‘arafah. Di wilayah madinah ada masjid Quba, masjid pertama yang dibangun dalam sejarah hijrah kaum muslimin. Ada juga al Hijr, wilayah yang merupakan bekas kaum Tsamud, pengukir gunung batu.

Siapa yang ingin mengenal lebih dekat kota Mekah dan Madinah serta tempat-tempat bersejarah umat islam lainnya tanpa harus pergi ke sana? Dengan bantuan teknologi fotografi dan penyambungan gambar panorama, kaum muslimin dapat menikmati tur virtual ke tempat-tempat tersebut melalui situs: 3dmekanlar.com.

Di sana pengunjung dapat mengunduh berkas-berkas yang akan menampilkan wisata virtual secara otomatis di komputer anda. Anda akan disuguhi tampilan sepenuh layar yang dapat digerakkan dengan tetikus komputer. Gambar dapat pula diperbesar dan perkecil. Seolah-olah anda berada di sana, demikian klaim situs tersebut.

Tak hanya wilayah mekah dan madinah, di sana terdapat pula wisata virtual dengan tampilan panorama berbagai masjid indah dan tempat menarik di Turki.

Wisata Virtual ke Wilayah Masjidil Aqsha: Jangan Dilewatkan!
Oleh alhabib + September 1st, 2009


Menulis tentang batu terbang dan Masjid Kubah Emas serta Al Aqsha ternyata memberi kejutan tersendiri bagi saya. Ketika berselancar di dunia maya, tidak jarang kita menemukan kilauan permata yang sangat sayang jika dilewatkan. Dan baru saja saya mendapatkan tautan ke sebuah situs yang menambah wawasan saya tentang tempat suci ketiga kaum muslimin, wilayah Haram Al Quds Al Syarif yang melingkupi Masjidil Aqsha.

Saudi Aramco World telah menayangkan di situs webnya sebuah (bahkan tiga, baca di bawah) wisata virtual ke wilayah Al Aqsha tersebut. Melalui wisata virtual ini, pengunjung diajak berjalan-jalan menikmati pemandangan dari berbagai titik wilayah suci ini. Tidak hanya itu, ada narasi yang menjelaskan sejarah dan rincian tempat-tempat yang dikunjungi. Meskipun bukan berupa video, tetapi gambar-gambar panorama 360 derajat yang disuguhkan sangatlah menarik. Pengunjung diajak untuk secara interaktif menjelajah, berhenti pada satu titik dan menikmati pemandangan dari titik tersebut. Pengunjung seolah-olah bisa memutar kepalanya ke segala arah dan melepaskan pandangan, bahkan melihat lebih dekat, obyek-obyek di sekitarnya.

Beberapa foto yang ditampilkan mengambil titik pandang yang tidak biasa. Dari atap Masjid Al Aqsha misalnya. Bahkan mereka yang datang langsung ke wilayah tersebut jarang (atau tidak sama sekali) memperoleh kesempatan menikmati pemandangan dari atap seperti itu.

Wisata virtual seri ke-3 ini membawa pengunjung dari salah satu gerbang wilayah Al Quds menuju Masjid Kubah Emas, Masjid Al Aqsha dan sisi lain dalam kompleks suci itu. Pengunjung berkesempatan melihat bagian dalam kedua masjid tersebut termasuk gua yang berada di bawah batu di dalam Masjid Kubah Emas.

Selain itu, pada situs yang sama telah tersedia pula wisata virtual jalan-jalan ke Al Hambra di Spanyol dan Masjid Sulaiman di Turki. Keduanya merupakan peninggalan dan monumen kejayaan islam.

Dari ketiga wisata virtual tersebut kita bisa melihat betapa indah dan gemilangnya kejayaan islam di waktu itu.

Adakah kita yang akan mengembalikan kejayaan itu?

Foto Gua di Bawah Batu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad
Oleh alhabib + Agustus 31st, 2009


Jika pengunjung telah menjelajahi situs Alhabib, ada satu halaman yang membahas tentang kebenaran gambar batu terbang yang disebut-sebut sebagai batu di mana Nabi Muhammad memulai Mi’raj ke langit ke tujuh. Ada beberapa versi cerita yang menyertai gambar batu terbang tersebut. Selain itu terjadi pula kesimpangsiuran tentang keberadaan batu yang asli di wilayah Yerusalem, Palestina.

Untuk memperjelas permasalahan ini, telah ditambahkan satu halaman baru di situs utama Alhabib yang membahas tentang “Batu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad, Masjid Kubah Emas dan Al Aqsha“. Di sana dipaparkan secara ringkas sejarah batu isra’ mi’raj dan Masjid Kubah Emas (Qubah ash Shakhra) yang melingkupinya.

Melalui beberapa foto bagian dalam Masjid Kubah Emas, dijelaskan pula keberadaan sebuah gua yang berada di bawah batu tersebut. Dari sini dapat diduga mengapa berkembang cerita tentang “batu terbang” itu.

Selain itu ditampilkan pula gambar wilayah Al Quds dengan dilengkapi penjelasan tentang bangunan mana yang disebut sebagai Masjid Kubah Emas dan mana yang disebut sebagai Masjid Al Aqsha. Penjelasan ini ditujukan bagi mereka yang masih mengira bahwa Masjid Kubah Emas itu sama dengan Masjid Al Aqsha, meskipun kedua-duanya merupakan bangunan penting dan terhormat dalam tradisi kaum muslimin.

Silakan ikuti tautan ini bagi yang tertarik membaca dan semoga bermanfaat.

Salam hormat dan semoga paparan ini, dapat mengubat rindu kita pada kota Mekah, di mana di sinilah Ka'bah yang menjadi tempat ibadah haji ditunaikan. Maklumat ini etuza telah copy di catatan blog al-habib. Jika anda hendakkan banyak maklumat dan widget yang lebih menarik sila layari http://www.alhabib.info/
Terima Kasih Anda Selesai Membaca n3 Ini

0 Pesona Kata Hati Mereka: